facebook instagram

Menkop-UKM Pantau Relaksasi Kredit di Koperasi Pasar Cempaka Putih

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki melakukan kunjungan kerja ke Koperasi Pasar (Koppas) Cempaka Putih, Jakpus, Kamis (11/6). Dalam kunjungan tersebut, Teten memantau langsung perkembangan relaksasi kredit yang berupa kebijakan restrukturisasi pinjaman atau pembiayaan untuk membantu usaha koperasi di masa pandemi COVID-19.Teten juga berharap, ia bisa mendapatkan masukan dan aspirasi langsung dari mitra koperasi di lapangan dalam kunjungannya itu.

Kunjungan kerja Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki ke Koperasi Pasar (Koppas) Cempaka Putih. Foto: Kementerian Koperasi dan UKM

Hingga Juni 2020, total sudah ada 86 koperasi dan UKM yang memenuhi syarat restrukturisasi. Dari total permohonan itu, hanya 40 koperasi dan UKM yang mendapatkan fasilitas restrukturisasi pinjaman/pembiayaan.Penerima keringanan tersebut diberikan penundaan pembayaran angsuran pokok dan bunga dengan jangka waktu 6-12 bulan. Harapannya, mitra koperasi dan UKM bisa bertahan di tengah krisis ekonomi akibat COVID-19.

Sementara itu, Koppas Cempaka Putih yang sudah berdiri sejak 1977 ini sudah memilih lebih dari 4 ribu anggota. Saat ini, koperasi ini sudah menerima bantuan permodalan dana bergulir dari program pinjaman atau pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM sebanyak tiga kali sejak 2010 lalu.

Sumber : Kumparan.com